Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Jepang

 Perkenalan diri merupakan dasar dari Bahasa Jepang, ketika bertemu dengan orang yang baru kita temui ada baiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu agar saling mengenal satu sama lain.

Nah, pada artikel ini kita akan belajar dasar Bahasa Jepang yaitu perkenalan diri. Dalam Bahasa Jepang perkenalan diri disebut dengan jiko shoukai 自己紹介。



Menyebutkan Nama

Bagian pertama dari perkenalan dirinya adalah menyebutkan nama. Perkenalan diri diawali dengan menyebutkan hajimemashite yang artinya ini pertama kalinya saya bertemu anda.

Pola kalimat untuk menyebutkan nama adalah

Watashi no namae wa _________ desu.

わたし の なまえ は  ~ です。

私の名前は ~ です。

Watashi : saya

No : partikel penanda kepemilikan

Namae : na

Wa : partikel penanda subjek (ditulis は dibaca wa)

Desu : copula


Contohnya

Hajimemashite. Watashi no namae wa Tanaka desu.

はじめまして。わたしのなまえはたなかです。

はじめまして。私の名前は田中です。

Perkenalkan, nama saya Tanaka.


Tugas: coba anda perkenalkan nama anda dalam bahasa Jepang dengan menggunakan pola kalimat di atas.

Menyebutkan kota asal atau negara asal.

Setelah menyebutkan nama, selanjutnya adalah anda memperkenalkan kota asal anda atau negara anda.

Adapun pola kalimatnya adalah sebagai berikut:

______ kara kimashita.

______ からきました。

______からきました。


Artinya saya berasal dari (kota / negara)

Contohnya :

Indonesia kara kimashita.

インドネシアからきました。

インドネシアから来ました。

Saya berasal dari negara Indonesia.


Bandung kara kimashita.

バンドンからきました。

バンドンから来ました。

Saya berasal dari Kota Bandung.


Menyebutkan alamat tempat tinggal

Setelah menyebutkan nama dan asal kota, anda dapat menyebutkan alamat tempat tinggal anda saat ini. Pola kalimatnya adalah:

_______doori ni sunde imasu.

______通りに住んでいます。

Saya tinggal di jalan _________


Mengakhiri perkenalkan diri

Setelah menyebutkan nama, asal, dan alamat, selanjutnya adalah mengucapkan frasa penutup yaitu douzo yoroshiku onegaishimasu. Yang artinya mohon kerjasamanya.


Berikut ini contoh perkenalan diri dari awal hingga akhir.

Hajimemashite. Watashi no namae wa Sakura desu. Nihon kara kimashita. Ima Bari ni sunde imasu. Douzo yoroshiku onegaishimasu.

 


Perkenalkan, nama saya Sakura, saya berasal dari Jepang, sekarang saya tinggal di Bali. Mohon bantuannya.


Hajimemashite. Watashi no namae wa Didi desu. Indonesia kara kimashita. Sukarno doori ni sunde imasu. 21-sai desu.  Douzo yoroshiku onegaishimasu.

Perkenalkan, nama saya Didi. Saya berasal dari Indonesia. Tinggal di Jalan Sukarno. Umur 21 tahun. Senang berkenalan.

 

Selain itu anda dapat menambahkan informasi lainnya kedalam perkenalan diri seperti:

  • Pekerjaan
  • Hobi
  • Umur
  • Bersekolah di Universitas
  • Jurusan / Program Studi
  • Keahlian
  • Jumlah anggota keluarga
  • Makanan favorit
  • Minuman favorit
  • hewan peliharaan
  • dan lain-lain. 

Contoh lainnya.

Hajimemashite.

Watashi no namae wa Santosu desu.

Amerika kara kimashita.

ABC no shain desu.

Senmon wa enjinia desu.

Shumi wa shashin desu.

Douzo yoroshiku onegaishimasu.

 

はじめまして。

私の名前はサントスです。

アメリカから来ました。

ABCの社員です。

専門はエンジニアです。

趣味は写真です。

どうぞよろしくお願いいたします。

 

Perkenalkan.

Nama saya Santos.

Saya berasal dari Amerika.

Saya pegawai perusahaan ABC.

Keahlian saya adalah teknisi.

Hobi saya adalah fotografi.

Mohon kerja samanya.