Kamus Jepang Indonesia, Jepang Inggris Terbaik

Kamus adalah pendamping bagi pelajar yang sedang mempelajari bahasa asing. Pada artikel kali ini JapanesePedia akan merangkum berbagai kamus-kamus terbaik untuk belajar Bahasa Jepang yang bisa kamu jadikan referensi ketika kamu ingin mencari kamus bahasa Jepang.

1. Kamus Jepang-Indonesia by Kenji Matsuura

1. Kamus Jepang-Indonesia by Kenji Matsuura

Kamus Jepang-Indonesia yang disusun oleh Kenji Matsuura ini adalah kamus paling lengkap dan merupakan kamus yang digunakan dalam standar penerjemahan bahasa Jepang ke Indonesia. Kamus ini memakai huruf romaji sebagai entry nya sehingga memudahkan untuk melakukan pencarian. Kamus ini sangat tebal dan belum ada versi digitalnya, tetapi versi scan sudah ada di internet dan bisa diunduh.

2. Kamus Jepang - Indonesia, Indonesia - Jepang oleh Goro Taniguchi

2. Kamus Jepang - Indonesia, Indonesia - Jepang oleh Goro Taniguchi

Kamus Jepang - Indonesia yang dibuat oleh Goro Taniguchi ini sangat lengkap bahkan terdiri dari 2 buah buku, yaitu kamus Jepang ke Indonesia, dan kamus Indonesia ke Jepang. Mirip seperti kamus Inggris - Indonesia yang dibuat oleh John M. Echol terdiri dari 2 buku juga.
Kamus ini memiliki kelebihan dibandingkan kamus Jepang Kenji Matsuura, karena kita dapat mencari entry dalam bahasa Indonesia dan terjemahan dalam bahasa Jepang, sedangkan kamus kenji matsuura hanya 1 arah, Jepang ke Indonesia.

3. Kamus Kanji Andrew N. Nelson

3. Kamus Kanji Andrew N. Nelson

Sesuai dengan namanya, kamus ini berisi definisi dari huruf-huruf kanji Jepang, arti dari huruf kanji, arti dari gabungan huruf kanji Jepang.

Kamus ini juga memiliki apendiks di belakangnya yang terdiri dari:

  1. Cara mencari karakter (kanji) di dalam kamus ini
  2. Cara mencari kosakata kanji
  3. Cara menentukan karakter dasar, di dalam kamus ini disuguhkan cara baru yang lebih cepat dengan menurunkan DUA BELAS LANGKAH dari Sistem Prioritas Karakter Dasar
  4. Karakter dasar lanjutan (aneka contoh karakter dasar, karakter dasar yang penting, peringatan tentang karakter dasar yang ganjil, karakter dasar yang hilang)
  5. Cara menghitung coretan (kecermatan, rincian coretan yang diabaikan, menghitung karakter dasar induk beserta variansinya)
  6. Petunjuk cepat
  7. Sistem Kana (susunan A-I-U-E-O hiragana, susunan I-RO-HA, perubahan suara, kombinasi Kana)
  8. Daftar historis (dinasti dan periode Cina, periode historis dan seni Jepang, Keshogunan Jepang, nama kaisar dan nama jaman di Jepang)
  9. Nama-nama geografi Jepang (keresiden kuno dan prefektur modern, kota-kota berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa (1960), aneka nama geografi Jepang)
  10. Nama-nama geografi dunia (tempat-tempat di Cina, tempat-tempat di Korea, berbagai tempat di dunia)
  11. Ukuran dan timbangan (ukuran panjang, ukuran luas, ukuran isi, ukuran berat, sistem metrik)
  12. Daftar Touyou Kanji (881 kanji yang penting, 969 karakter yang umum dipakai, 28 kanji pengganti yang disarankan, 92 karakter kanji tambahan untuk nama diri)
  13. Karakter dasar yang digolongkan menurut posisinya
  14. Indeks On-Kun

4. Kamus Kanji Kodansha Kanji Learner's Dictionary

4. Kamus Kanji Kodansha Kanji Learner's Dictionary

Sama seperti kamus kanji modern Andrew N. Nelson, kamus ini digunakan untuk mencari arti huruf kanji dan gabungan huruf kanji. Tetapi bedanya, kamus ini menggunakan sistem pengindeksan huruf kanji yang disebut dengan SKIP (System of Kanji Indexing by Pattern). Sehingga kanji akan dipecah-pecah berdasarkan posisi karakter dasanya, berada di kiri, kanan, atas, bawah, sudut kiri atau kanan, atau menyeluruh. Kodansha Kanji Learner's Dictionary tersedia dalam bahasa Inggris, untuk terjemahan bahasa Indonesianya masih dalam proses penyusunan.

5. Kenkyuusha Japanese English Dictionary 5th Edition

5. Kenkyuusha Japanese English Dictionary 5th Edition

Kamus Jepang Inggris terlengkap terbitan Kenkyusha memuat berbagai definisi yang selalu diperbarui. Kamus Jepang Inggris Kenkyusha sudah dimasukkan ke dalam kamus elektronik. Tersedia juga versi cetaknya.

6. Kamus Elektronik Denshi Jisho

Kamus Jepang Indonesia, Jepang Inggris Terbaik

Buat kamu yang mau praktis tidak ingin membawa kamus yang tebal dan berat, kamu dapat menggunakan kamus elektronik denshi jisho. Kamus elektronik ini sudah berisi beberapa kamus dan sangat lengkap, mulai dari ensiklopedia, kamus nasional bahasa Jepang, kamus Jepang Inggris, kamus otomotif, kamus biologi, kamus aksen bahasa Jepang, kamus idiom, kamus komputer, dll.
Kamus elektronik yang cukup terkenal yaitu dengan merk Casio.
6. Kamus Elektronik Denshi Jisho

Casio NEW EX-word Electronic Dictionary XD-N6500BK Black (Japan Import)