Cara Baca Huruf Kanji Saat Browsing di Internet

Cara Membaca Kanji Saat browsing di Internet saat ini bukanlah perkara yang sulit. Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang yang belum hafal seluruh kanji-kanji, maka kamu bisa menggunakan bantuan add-on/ekstensi browser yang dapat membantu kita mengerti kanji-kanji yang ada di Internet.

Nama tool nya adalah Rikaichamp. Rikaichamp adalah addon untuk Firefox, dan saat ini versi untuk Chrome sudah tersedia dengan nama Rikaikun.

Kelebihan dari addon Rikaichan/Rikaikun adalah mampu mendeteksi kanji gabungan hingga menampilkan terjemahan dan cara bacanya. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengarahkan kursor mouse ke huruf kanji yang hendak dicari tahu cara bacanya dan artinya.
Catatan: Apabila kamu mengarahkan kursor mouse ke huruf kanji namun Rikaichan tidak dapat memunculkan informasinya, maka kemungkinan besar kanji tersebut dalam format gambar. Rikaichan hanya bisa mendeteksi kanji dalam format teks. Untuk mendeteksi cara baca kanji yang berformat gambar, saat ini belum ada addonnya. Tapi kamu bisa mencari artinya menggunakan aplikasi Android, yaitu Google Translate.
Oke, sekarang langkah kita selanjutnya adalah cara menginstall Rikaichan di Firefox dan Rikaikun di Chrome.

Cara Install Rikaichamp di Firefox

Download addon Rikaichamp untuk firefox di sini https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/rikaichamp/

Install addon nya dan addon Rikaichamp siap digunakan, cara menggunakannya cukup arahkan saja pointer mouse ke huruf yang ingin dicari cara baca dan artinya.



Plugin Yomichan untuk Chrome

Selain plugin Rikaichamp untuk Firefox, sekarang juga tersedia addon Yomichan untuk Google Chrome, addon ini dengan dukungan kamus EPWING dan juga pengucapaan bahasa Jepang.

Silakan unduh plugin Chrome Yomichan di sini: 

Addon Yomichan tidak menyertakan kamus, sehingga kamu harus menginstall kamusnya, silakan mendownload kamus untuk Yomichan di sini: https://foosoft.net/projects/yomichan/index.html

Cara menggunakan Yomichan cukup mudah, cukup arahkan pointer mouse ke kata yang ingin dicari di kamus, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, kemudian pop-up dictionary akan muncul berisi definisinya.

Untuk memunculkan definisi bahasa Inggris, silakan install file JMdict dan Kanjidict untuk arti huruf kanji dalam bahasa Inggris. Sama seperti Rikaichamp, plugin Yomichan tidak dapat digunakan untuk mencari huruf yang berbentuk gambar, hanya huruf yang berupa teks dan dapat dipilih yang dapat dideteksi oleh Rikaichamp dan Yomichan.